Bendera Kuning di MotoGP Akan Diganti dengan Panel Lampu

Panel lampu sebagai pengganti bendera kuning di MotoGP

Valentino Rossi, pebalap paling senior di MotoGP, menyambut dengan positif wacana tersebut. Menurutnya, panel tersebut akan sangat berguna.

"Sebagaimana motor MotoGP yang kencang sekarang ini, bendera kuning sudah sangat ketinggalan zaman. Sangat sulit untuk melihatnya. Di Formula 1, kami melihat sinyal lampu ini sangat menolong," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (26/4/2021).

Rossi menambahkan, kendala dari pengadaan panel ini adalah uang. Sebab, tidak murah untuk menempatkan panel LED di beberapa tikungan di sirkuit.

"Ini mahal, karena Anda membutuhkan banyak panel yang juga besar, seperti di Formula 1. Ide menggunakan panel sendiri sudah bagus, tetapi itu tergantung dari seberapa banyak dan seberapa besar," kata Rossi.

Menurut Rossi, panel LED akan lebih mudah dilihat dibandingkan bendera kuning. Namun, harus ditempatkan sesuai dengan tikungannya. Jika tikungan ke kiri, panel tersebut juga harus diletakkan di kiri agar bisa terlihat.

FIA juga sudah mengeluarkan mandat untuk semua sirkuit yang menggelar MotoGP agar menyediakan panel tersebut mulai 2022. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pebalap.

Next Post Previous Post
Related Post
Otomotif,Selebritis,Sepakbola,Teknologi