Salah Kaprah soal Pemilihan Ban Truk, Jangan Justru Malah Rugi

Spesifikasi ban bus

Anggapan tadi tidak benar, karena kekuatan daya muat sebuah ban tidak semata-mata hanya tergantung pada jumlah ply rating-nya saja, ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (21/3/2021).

Bambang menjelaskan, masih ada komponen lain yang menentukan kuat dan lemahnya sebuah ban. Misalnya kualitas compound, bahan kimia pendukungnya, bahkan kualitas dan teknologi dari kawat baja yang menjadi konstruksi ban.

Misalnya ada dua ban dengan ukuran yang sama, satu ban memiliki 18 ply rating dan satu lagi 16 ply rating. Tidak lantas secara otomatis ban dengan 18 ply rating lebih unggul daya muatnya dibanding 16 ply rating, kata Bambang.

Begitu pula ada salah kaprah soal model telapak ban yang digunakan. Ada anggapan ban dengan pola telapak halus lebih cocok untuk ban setir sedangkan yang berpenampilan kasar lebih cocok digunakan untuk menopang beban lebih berat dan dipasang di bagian belakang, ini jelas keliru.

Daya muat sebuah ban hanya tergantung pada angka yang tertera pada load index-nya saja. Bukan pada tampilan telapak maupun tulisan yang lain, ucapnya.

Next Post Previous Post
Related Post
Otomotif,Selebritis,Sepakbola,Traveling